Header Ads

deskripsi gambar

Focus Grup Discussion (FGD) Satu Data Kependudukan


Laila Suryani, S. Pd(Guru/Pegiat literasi/pegiat medsos)


Indragirione.com
,- Kesimpangsiuran data secara de facto (fakta sebenarnya) dan de jure (berdasar hukum/prinsip) membuat banyaknya sejumlah data kependudukan yang tidak valid. Secara de facto, jumlah penduduk bisa saja lebih banyak atau lebih sedikit dibanding secara de jure.

Untuk itu diperlukan satu data valid yang akurat sesuai undang-undang, yang akan dimuat dalam Satu Data Indonesia (SDI), terutama mengenai data kependudukan yang akan disatukan dalam Satu Data Kependudukan (SDK).

Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengadakan sensus penduduk 2020, untuk mendapatkan jumlah penduduk secara de facto dan de jure. Dalam rangka sosialisasi kependudukan ini, BPS Inhil mengadakan diskusi bersama yang mengundang instansi, pegiat, selebgram, ormas, komunitas, bank, perusahaan, dan organisasi kepemudaan.

Focus Group Discussion (FGD) Satu Data Kependudukan yang dilaksanakan pada 16-17 Desember 2019 oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Indragiri Hilir ini, bertempat di hotel Top 5, Tembilahan, mengangkat tema: "Sinergi Meningkatkan Partisipasi dan Kolaborasi dalam Penyediaan Data Kependudukan Berkualitas".

Tujuannya adalah mengenalkan pada masyarakat mengenai pengambilan data (sensus) melalui 2 kategori, yaitu:
1. Online, yang dikenal dengan istilah Sensus Penduduk Online (SPO) dan akan dilaksanakan pada 15 Februari-31 Maret 2020, dan

2. Wawancara, dikenal dengan istilah Sensus Penduduk Wawancara (SPW) dan akan dilaksanakan pada Juli 2020.

Kedua metode diatas, disebut metode kombinasi (Combine Method) yang menggabungkan metode tradisional (door to door), dimana petugas sensus datang dari rumah ke rumah dan melakukan wawancara pada responden dan metode online (literasi digital), dimana responden melakukan pembaharuan (update) data kependudukan secara daring (online).

Pada sensus 2020, diharapkan penduduk Indonesia, terutama di kabupaten Indragiri Hilir melakukan sensus pendududuk mandiri secara online, untuk membuktikan bahwa literasi digital di kabupaten Indragiri Hilir sudah tinggi.

"Ayo sukseskan sensus penduduk 2020, dengan melakukan pemutahiran data mandiri secara online di situs sensus.bps.go.id".

"Mari buktikan literasi digital masyarakat Inhil sudah tinggi".
(BPS Provinsi Riau).
deskripsi gambar
Diberdayakan oleh Blogger.