Header Ads

deskripsi gambar

Tim Gabungan Kecamatan Enok Lakukan Simulasi Penanganan Karlhut

Indragirione.com,- Tim gabungan  Kecamatan Enok melakukan Simulasi pencegahan dan penanganan Kebakaran Lahan Dan Hutan (Karlahut) di wilayah hukum Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir

Simulasi oleh Tim gabungan tersebut dilakukan di areal perkebunan milik PT Bumi Palpa Lestari Persada tepatnya di blog delta X perusahaan Bumi Palma Desa Suhada, Kecamatan Enok.

Adapun Tim Gabungan terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP, Tim Dalakar Kecamatan, Masyarakat Siaga Api (MSA) PT Sinar Mas, MPA, Tim Kelompok Tanggap Darurat (KDT).

Kapolsek Enok Iptu Fadly dalam kegiatan tersebut menghimbau kepada para perusahaan yang belum membuat kanal agar segera membuat kanal, serta bagi perusahaan yang sudah memiliki kanal untuk membersihkan kanalnya masing masing.

"Kedepan, bersama forkopimcam serta TNI, kami akan terus menggalakan patroli dan sosialisasi dampak bahaya karlahut," ucapnya.

Ia juga menyebutkan, jika sosialisasi dan patroli tidak memberikan efek, akan dilakukan penegakkan hukum secara tegas, berlaku untuk masyarakat dan perusahaan, sesuai undang-undang.

Danramil 02 yang diwakili oleh Babinsa Pelda Ismail saat di wawancarai mengatakan, dengan adanya latihan ini diharapkan para satgas Karhutla yang ada di Kecamatan Enok memiliki kemampuan untuk pengendalian, pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan serta mampu menjelaskan kepada masyarakat tentang bahaya Karhutla.

Menurutnya dalam menanggulangi Karhutla tidak dapat dilakukan sendiri sendiri melainkan melibatkan semua pihak yang bersinergi dan berkerjasama, TNI Polri dan semua intansi terkait serta tentunya dengan dukungan semua lapisan masyarakat.

"Karhutla seperti yang sudah kita ketahui berdampak negatif bagi bangsa dan Negara Indonesia dan menyebabkan kerugian yang sangat besar, oleh sebab itu kita semua harus perduli," ajaknya.

Turut hadir dalam simulasi tersebut Manager PT BPLP, Humas PT Bumi Palma, Kepala Dev FPRD, Kepala SPO.

Laporan: Fajar Satria
deskripsi gambar
Diberdayakan oleh Blogger.